Kamis, 27 Desember 2012

PIJAR HARAPAN MASA YANG AKAN DATANG


MENEMUKAN KILAUNYA HARAPAN MASA DEPAN
            Dimana ada kekelaman pastilah ada pijar cahaya yang mampu untuk meneranginya. Hal inilah yang menjadi pergulatan hidup bagi seorang pendidik yang bisa dikenal dengan sebutan”guru”. Para pendidik diharapkan dengan sangat untuk tetap setia dan tidak ikut kabur dalam menghayati panggilan luhurnya dalam masyarakat mengenai pendidikan.
                Menemukan cerahnya harapan dibalik kegelapan kebijakan pendidikan adalah hal yang paling utama. Selain guru masyarakat juga berharap pemerintah mampu ikut berpartisipasi dalam mendukung dunia pendidikan yang saat ini secara garis besar yang ada dilapangan pendidikannya mulai menurun seperti didaerah pelosok-pelosok pedesaan kecil. Begitu banyak sekolahan-sekolahan yang ada di daerah pelosok mau tidak mau harus diberhentikan karena tidak ada biaya atau dana untuk membangunnya maupun untuk menyediakan sarana prasarana yang seharusnya ada didalam sekolahan. Dan itupun terjadi akibat pemerintah tidak mampu menjangkau karena alokasinya yang sangat terpencil. Pemerintah mempunyai kedudukan yang sangat tinggi sebagai penentu atau tolok ukur pendidikan. Maksudnya, pendidikan akan maju kalau pemerintahannya juga mau ikut serta memajukannya tidak peduli alokasinya yang terpencil sehingga pemerintah tidak mampu untuk menjangkaunya. Semuanya itu dilakukan karena begitu sangat pentingnya pendidikan di lingkungan masyarakat agar bisa menghasilkan para pelajar yang gigih untuk memjukan bangsa Indonesia ini.
                Harapan masyarakat akan nenunjangnya pendidikan sangatlah besar dan kuat. Namun banyak hal yang menjadi penghalang majunya pendidikan selain disebabkan hal-hal yang sudah dibahas diatas tadi juga disebabkan karena kurangnya biaya yang di keluarkan masyarakat yang kurang mampu untuk membiayai sekolah anaknya. Itupun sangat berpengaruh terhadap majunya pendidikan. Kalau sudah begitu lagi-lagi pemerintah harus mampu mengatasinya karena itu semua sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memperhatikan rakyatnya.
                Namun kalau di kota-kota besar kebijakan pemerintah memang sudah sangat terbukti sehingga sekolahannya dapat maju dan berkembang. Terbukti dengan adanya sekian banyak fasilitas, sarana prasarana yang sudah disediakan oleh pemerintah. Selain itu, juga dengan adanya dana BOS yakni Bantuan Operasional Sekolah dan masih banyak lagi.Oleh sebab itu, apapun yang terjadi pendidikan harus tetep diutamakan dan tetep no 1. Dan pemerintah juga sudah menetapkan bahwa wajib belajar 9 tahun. Selagi kita masih mampu untuk tetap mencari ilmu kejarlah cita-citamu walaupun harus keujung dunia.

TETAP SEMANGAT YA..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar